Alasan orang memilih motor matic dibanding motor manual


Motor matic menjadi salah satu pilihan jenis sepeda motor yang sedang banyak digemari pengguna dan pecinta roda dua. Sistem pemindahan gigi dari manual ke automatic membuat motor matic menjadi lebih mudah untuk digunakan.

Hal itu menyebabkan motor matic sangat disukai banyak kalangan, dari pemula yang baru belajar mengendarai sepeda motor, sampai yang sudah professional atas dasar alasan kenyamanan dalam mengendarai motor matic.

Di bawah ini adalah alasan orang memilih motor matic dibanding motor manual :

1.      Motor matic lebih praktis

Motor matic menggunakan sistem transmisi yang berbeda dari motor manual. Motor matic menggunakan v-belt sehingga pemindahan gigi atau persneling motor menjadi automatic. Hal ini yang membuat pengguna motor memilih motor matic karena lebih praktis dalam memindah persneling apalgi kopling.

Menggunakan motor matic hanya cukup mengoperasikan tuas gas dan rem saja. Dengan begitu pengguna motor akan lebih fokus ke jalan tanpa harus memikirkan untuk memindahkan gigi atau persneling.

2.     Motor matic lebih nyaman

Motor matic menjadi motor pilihan banyak orang, terutama kaum perempuan. Menggunakan motor matic dinilai membuat penggunanya merasa nyaman ketika mengendarainya. Desain motor matic yang memungkinkan kaum perempuan bisa lebih nyaman duduk sangat menudukung kenyamanan dalam berkendara.

Dengan motor matic, yang biasanya perempuan biasanya memakai celana sekarang bisa memakai rok sehingga terlihat lebih feminim. Sehingga mengendarai motor matic menjadi sangat nyaman dibanding mengendarai motor bebek yang menggunakan sistem manual dan tidak memungkinkan posisi duduk yang nyaman.

3.     Motor matic bisa membawa muatan

Alasan lain dalam memilih motor matic  juga adalah kemudahan dalam membawa muatan. Dengan desain yang lebih longgar di bagian depannya, motor matic memungkinkan pengguna membawa muatan lebih banyak dibanding jika menggunakan motor bebek manual apalagi motor sport.

Motor matic terbaru akhir-akhir ini juga kebanyakan memiliki ruang bagasi yang lebih luas sehingga pengguna motor dapat meletakkan barang-barangnya yang sekiranya tidak memungkinkan jika ditaruh diluar.

4.     Harga motor matic  lebih Ekonomis

Alasan selanjutnya yang membuat orang lebih memilih motor matic  adalah harganya yang relative lebih ekonomis. Dibandingkan dengan motor bebek manual yang memiliki kapasitas mesin besar ( misal 150 cc ), harga motor matic cenderung lebih murah.

Motor manual yang sering digunakan banyak kaum pria, misal motor sport atau motor ‘laki’ memiliki harga yang tinggi bahkan sangat tinggi. Namun dengan memilih motor matic, orang bisa menghemat pengeluaran untuk membeli motor matic.

5.     Motor matic irit BBM

Hal yang menjadi pertimbangan yang sangat penting bagi pengguna motor adalah pengeluaran dalam membeli bahan bakar motor. Motor matic dinilai lebih irit BBM jika dibandingkan dengan motor manual apalagi yang masih menggunakan karburator. Hal ini dikarenakan penggunaan bahan bakar pada motor matic lebih akurat dan efisien dan hal itu bisa meminimalkan pemborosan dalam membeli bahan bakar.

6.     Perawatan motor matic lebih mudah

Perawatan motor matic jauh lebih mudah dibandingkan dengan perawatan motor manual/karburator. Cukup dengan menyemprotkan cleaner tanpa harus membongkar sistem bahan bakarnya, tidak seperti motor yang menggunakan karburator.

Perawatan mesinnya pun sangat mudah. Motor matic cukup dipanaskan beberapa menit saja sebelum digunakan pertama kali. Pemanasan mesin dilakukan secara merata dan diatur oleh sensor-sensor pada mesin.

Kesimpulan :


Alasan orang yang beragam dalam memilih motor matic bisa dijadikan pertimbangan sebelum membeli motor dan memilih jenis motor yang akan dibeli. Pertimbangan yang bijak akan menjadi pilihan yang tepat apapun jenis motor yang dipilih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Alasan orang memilih motor matic dibanding motor manual"

Post a Comment